Wednesday, June 13, 2012

Kehamilan 18 Minggu

Pada kehamilan 18 minggu, mungkin bunda akan merasakan kaki atau sikut tangan si kecil bergerak di perut bunda, seperti yang istri saya alami, tiba-tiba di pagi hari merasakan adanya gerakan-gerakan aneh di perutnya, istri saya merasa terkejut namun segera senyum lebar mengembang di wajahnya.

Hal ini menunjukkan bahwa bayi tumbuh dengan sehat, pergerakan ini akan semakin jelas seiring bertambahnya usia kandungan, pada saat kandungan berusia 18 minggu, bunda akan merasa sering lapar, jadi jangan heran apabila nafsu makan bunda bertambah, rasanya pengen makan terus, jadi untuk saat ini urungkan niat bunda untuk diet, biarkan pertumbuhan janin di usia 18 minggu ini tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Janin pada umur 18 minggu


Hamil 18 minggu telinga bayi bunda sekarang menghadap ke depan dan benar-benar terbentuk sehingga ia benar-benar dapat mendengar bunda bercakap-cakap.

Kehamilan Minggu 18

pada saat ini juga merupakan awal osifikasi.yaitu: sebuah proses pembentukan tulang. Pembentukan tulang dimulai dari perkembangan jaringan penyambung seperti tulang rawan yang berkembang menjadi tulang keras. Jaringan yang berkembang akan disisipi dengan pembuluh darah. Pembuluh darah ini akan membawa mineral seperti kalsium dan menyimpannya pada jaringan tersebut.

Saraf bayi terhubung dan terkoordinasi lebih banyak dan lebih kompleks. Indra penciuman, penglihatan rasa, dan pendengaran semua berkembang. Sebuah zat yang disebut myelin, yang membuat koneksi saraf berjalan lebih cepat diantara lapisan saraf bayi.



Di usia kehamilan 18 minggu

bunda akan sering merasakan gerakan-gerakan di perut, jadi tentunya bunda akan membutuhkan energi ekstra, dan juga sebaliknya membutuhkan istirahat yang cukup juga, oleh karena itu lakukan tugas-tugas yang ringan saja, agar kesehatan bunda tetap terjaga.

No comments:

Post a Comment